• News

Kampus UNPATTI-Ambon Selasa (28/8/2018). Bertempat di ruang Rapat senat Lt IV Rektorat Kampus UNPATTI, Jurusan Teknik Geologi Unpatti melaksanakan Semiloka Kurikulum Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Semiloka Kurikulum KKNI dihadiri oleh dosen, staf, mahasiswa, dari dunia usaha, dari Kemenko Maritim, dengan narasumber Prof. Dr. Ir. Eddy A Subroto (Akademisi, FITB-ITB), Ir.Arif Rahman, MT (dari Kemenko Maritim) dan Dr. H. Marhaban Sigalingging (dari kalangan dunia usaha) yang di moderatori oleh Dr. N. Hattu, M.Si.

Semiloka dibuka oleh Rektor Prof. Dr. M.J. Saptenno, SH., M.Hum. Dalam sambutannya, rektor menyatakan bahwa semiloka ini sangat penting untuk mendapat fomulasi kurikulum karena Jurusan ini baru satu tahun pendiriannya. Hendaknya kurikulum yang akan dihasilkan dalam semiloka ini mempunyai karakteristik laut-pulau sebagaimana PIP Unpatti ‘Bina Mulia Ke-Lautan” dan disesuaikan dengan kebutuhan stakeholder dan standar kualifikasi nasional untuk menghasilkan profil lulusan yang berkualitas, harap Prof. Saptenno.

Berbagai masukan dan saran dari peserta semiloka yang hadir, dosen dan mahasiswa serta stakeholder lain pada panel diskusi menjadi pengaya bagi penyusunan kurikulum jurusan TekGeo Unpatti yang akan bermuatan, berciri dan berkarakter laut-pulau untuk mendapat suatu ukuran pencapaian proses pendidikan sebagai basis pengakuan terhadap lulusan TekGeo dengan mengacu pada capaian pembelajaran (learning outcomes).

Ketua panitia sekaligus Ketua Jurusan TekGeo Unpatti Dr. Hutagalung menyatakan bahwa semiloka kurikulum ini bertujuan untuk memberikan pembekalan dan pemahaman tentang KKNI serta memberikan gambaran tentang langkah teknis penyusunan kurikulum yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar nasional perguruan tinggi (kompetensi utama) dan kompetensi tambahan. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan profil jurusan dan profil lulusan yang sesuai dengan standar nasional perguruan tinggi untuk jenjang Sarjana (S1), ujar Hutagalung.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Fredrik Rieuwpassa sangat mengapresiasi pikiran-pikiran dan kolaborasi berbagai pihak, dari kalangan akademisi, dari dunia usaha dan dari pemerintah yang telah memberi masukan dalam semiloka kurikulum ini. “Rancangan Kurikulum yang akan dihasilkan pastilah sangat sesuai dengan apa yang di harapkan dalam kaitan dengan pola ilmiah pokok Bina Mulia Ke Lautan, ujar Prof. Rieuwpassa diakhir sambutannya sebelum menutup kegiatan semiloka.

Sumber: https://info.unpatti.ac.id/2018/08/semiloka-kurikulum-tekgeo-unpatti/

 

Galeri:

Close Menu