Latar Belakang dan Sejarah Pendirian

Program Studi Teknik Geologi merupakan jurusan bidang kebumian dan energi pertama di Universitas Pattimura, Provinsi Maluku. Program Studi ini didirikan pada tanggal 8 Agustus 2017 dan dibiayai oleh APBN Skema Blok Masela. Pendirian program studi ini dilatarbelakangi oleh banyaknya potensi sumberdaya alam di bagian timur Indonesia. Salah satu potensi tersebut adalah lapangan migas Blok Masela.

Pendirian program studi ini juga merupakan salah satu upaya peningkatan sumberdaya manusia dalam bidang IPTEK sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi  yakni pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat. Selain itu pula untuk menjawab kebutuhan masyarakat terhadap ketersediaan lapangan kerja baru di bidang kebumian.

Hasil evaluasi Dikti terhadap kinerja Program Studi Teknik Geologi Universitas Pattimura pada semester pertama dinilai sukses menjalankan program tersebut. Dengan demikian, pada tahapan selanjutnya dibuka dua program studi baru pada tahun 2018 yakni Teknik Geofisika dan Teknik Perminyakan.

Legalitas

Pendirian dan penyelenggaraan pendidikan pada Program Studi Teknik Geologi Universitas Pattimura telah mendapatkan legalitasnya berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor: 436/KPT/I/2017 tertanggal 8 Agustus 2017.

Close Menu