• News

Sebanyak 15 mahasiswa Jurusan Teknik Geologi (TGL), Universitas Pattimura (Unpatti) – Ambon diberangkatkan untuk melakukan Praktek Lapangan dan Laboratorium (PLL) di Karangsambung, Kebumen, Jawa Tengah. Kegiatan ini merupakan kegiatan perdana yang dilakukan Unpatti, menyusul dibukanya Jurusan Teknik Geologi beberapa waktu lalu.

Keberangkatan ini ditandai dengan acara pelepasan yang dilakukan Rektor Unpatti Prof. Dr M. J Sapteno SH M.Hum yang didampingi Wakil Rektor Akademik, Prof. Rieuwpassa di kampus Unpatti- Ambon, Kamis (02/08/18).

Rektor Unpatti dalam kesempatan itu berpesan agar para mahasiswa  menyiapkan diri dan kesehatan yang prima agar dalam mengikuti kegiatan ini memperoleh hasil yang baik.

“Jaga kesehatan dan senatiasa berdoa agar segala sesuatu yang dikerjakan berhasil dengan optimal.  Selain itu agar kalian dapat taat dan berdisiplin serta mengikuti prosedur dan instruksi kerja dalam kegiatan PLL ini,” pinta Sapteno.

Kegiatan PLL di Karangsambung akan berlangsung selama dua hari mulai dari tanggal 4 hingga 5 Agustus 2018.  Selanjutnya ke-15 mahasiswa akan melakukan praktek laboratorium terhadap beberapa sampel batuan dan mineral di Laboratorium Geologi Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tanggal 7-9 Agustus.

PLL ini merupakan bagian dari mata kuliah Geologi Fisik yang dipandu oleh Dr. Asep Kesumajana, MT. Tim peneliti dan dosen, asisten dari FITB-ITB dalam melakukan pendampingan praktek Lapangan di Karangsambung itu.

Secara terpisah Ketua Jurusan Teknik Geologi UNPATTI, Dr. Ir. Robert Hutagalung, M.Si didampingi Sekretaris Jurusan Viktor Lawalata, MT  dalam rapat  jurusan menyampaikan, kegiatan ini merupakan bagian pembelajaran mahasiswa yang terjadwalkan pada semester genap 2017/2018.

“Usai mengikuti PLL,mahasiswa harus mampu deskripsikan jenis batuan dan mineral  serta proses pembentukan hinga pemetaannya. Dan saya yakin semua mahasiswa yang kita bawa mampu mengikutinya dengan baik dan maksimal” jelas Hutagalung.

Jurusan Teknik Geologi Unpatti  merupakan salah satu jurusan baru yang didirikan sejak tahun 2017 dengan skema Blok Migas Masela yang merupakan salah satu program Presiden Jokowi dalam rangka penyiapan dan pengembangan SDM anak Maluku terutama untuk menguasai teknologi di bidang pertambangan dan perminyakan melalui pendidikan tinggi di Unpatti. (PN-17).

Sumber: https://pamanawanews.com/news/pendidikan/15-mahasiswa-teknik-geologi-unpatti-pll-di-karangsambung-dan-itb-08c084e5/

 

Galeri:

Close Menu